A.
Pengertian, Jenis, Fungsi dan Gambar Input
1.
Pengertian Input
Input adalah istilah yang menunjukkan baik sebagai pintu masuk atau perubahan yang dimasukkan
ke dalam sistem dan yang mengaktifkan atau memodifikasi proses. Ini adalah
sebuah konsep abstrak, digunakan dalam
pemodelan, desain sistem dan eksploitasi sistem. Hal ini biasanya dihubungkan dengan istilah lain, misalnya, kolom input, variabel input, parameter input, nilai
input, sinyal input, port input, perangkat input dan file input.
2.
Jenis-jenis, Fungsi dan Gambar Input
1)
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting
dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari
model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada
tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan
Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada
tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless. Ada beberapa jenis keyboard:
a.
Qwerty
b.
Dvorak
c.
Klockenberg
Tapi yang sering kita gunakan hanya keyboard jenis QWERTY,
yang bentukny mirip seperti tuts pada mesin ketik. Coba lihat gambar 1.0 itu
merupakan contoh gambar dari keyboard QWERTY:
Gambar 1.0 : keyboard QWERTY
2)
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini
dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua
tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse
dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini
terletak ditengah. Dan juga sudah ada mouse yang tidak menggunakan kabel tapi
menggunakan wireless. Mari kita lihat
gambar 1.1 dan 2.0 yang merupakan contoh gambar dari MOUSE itu sendiri.
Gambar 1.1: Mouse kabel Gambar
2.0: Mouse wireless
3)
Touch Pad
Unit input ini biasanya dapat kita temukan pada laptop
dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat
digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan
yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball. Contoh pada gambar 2.1
Gambar
2.1: Touch Pad
4)
Light Pen
Light pen
adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar
dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan
sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja
dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik. Contoh gambar 2.2
Gambar
2.2: contoh Light Pen
5)
Joy Stick dan Games Paddle
Joy stick
pada umumnya sering kita gunakan pada playstation, tapi seiring berkembangnya
zaman alat ini juga biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat,
sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari
plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek
dalam komputer. Dan seperti yang kita ketahui Joy Stick ada 2 macam, ada yang menggunakan analog, ada yang tidak.
Contoh gambar 3.0 dan 3.1
Gambar
3.0: Joy Stick biasa Gambar
3.1: Joy Stick analog
6)
Headset atau Headphone
Alat ini
adalah sesuatu untuk mendengarkan suara, berfungsi untuk mendengarkan suara
lebih jelas dibanding alat pendengar lainnya. Bentuk headset lebih kecil dari
bentuk headphone, kalian bias melihat contoh pada gambar 3.2 dan 3.3
Gambar
3.2: Headset Gambar 3.3: Headphone
Itulah jenis-jenis alat input yang
taka sing lagi bagi kita, dan sangat diperlukan
bagi teman-teman yang ingin lebih mengetahui tentang jenis alat input, dan ada
pula jenis alat input yang sering digunakan untuk video format seperti:
-
Webcam
-
Image scanner
-
Digital camera
-
Barcode reader
-
Fingerprint scanner
-
3D scanner
-
Laser rangefinder
-
Video capture
-
MIDI keyboard, dan yang lain
yang belum saya ketahui.
B.
Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Gambar
Proses
1.
Pengertian Proses
Proses adalah turunan dari
program komputer yang sedang dijalankan.
Ini berisi kode program
dan kegiatan saat ini. Tergantung
pada sistem operasi (OS), proses dapat terdiri
dari beberapa benang eksekusi yang
mengeksekusi instruksi secara bersamaan.
2.
Jenis-jenis, Fungsi dan Gambar Proses
1)
Power Supply
Power supply adalah perangkat yang memasok tenaga listrik ke beban
listrik. Istilah ini paling
sering diterapkan untuk konverter
daya listrik yang mengubah satu
bentuk energi listrik yang lain,
meskipun juga dapat merujuk ke perangkat yang mengkonversi bentuk lain dari energi (mekanik, kimia, solar) menjadi
energi listrik. Power Supply berfungsi untuk merubah arus AC
menjadi arus DC dan mensuplai tegangan ke perangkat keras komputer seperti:
motherboard, harddisk, floppy disk dan CD Room. Power supply mempunyai 2 jenis,
yaitu: power supply jenis AT dan power supply jenis ATX. Contoh pada gambar
4.0.
Gambar
4.0: Power Supply
2)
Motherboard
Motherboard
adalah komponen yang sangat penting pada komputer yang berfungsi untuk tempat
memasang berbagai perangkat komputer seperti: RAM, prosessor, VGA Card, LAN
Card dan perngkat yang lain. Motherboard sendiri didukung oleh beberapa
chispset yang berfungsi untuk mendukung kinerja komputer. Contoh gambar 4.1.
Gambar
4.1: Motherboard
3)
CPU (Control Processor
Unit)
CPU atau
prosessor adalah otak dari komputer, komponen ini berfungsi sebagai pengendali
proses pada komputer. Satuan dari kecepatan prosessor adalah MHz, sehingga
semakin besar nilainya maka semakin cepat kecepatan akses prosessor. Contoh
gambar 4.2.
Gambar
4.2: CPU
4)
Memori (RAM)
Memori atau RAM adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpan data yang bersifat sementara, artinya jika komputer dimatikan maka data yang disimpan di dalam memori akan dihapus secara otomatis. RAM sangat mempengaruhi kecepatan akses komputer sehingga semakin besar kapasitan RAM maka semakin cepat pula kecepatan akses pada komputer. Contoh gambar 4.3.
Memori atau RAM adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpan data yang bersifat sementara, artinya jika komputer dimatikan maka data yang disimpan di dalam memori akan dihapus secara otomatis. RAM sangat mempengaruhi kecepatan akses komputer sehingga semakin besar kapasitan RAM maka semakin cepat pula kecepatan akses pada komputer. Contoh gambar 4.3.
Gambar
4.3: RAM memori
5)
Hard disk
Hard disk merupakan
media penyimpanan terbesar pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data
dan aplikasi dengan skala besar. Hard disk juga terbagi atas 2 bagian, yaitu
hard disk internal dan hard disk external. Contoh gambar 4.4 dan gambar 5.0.
Gambar 4.4: Hard Disk
Internal Gambar 5.0: Hard Disk External
6)
Wireless Adapter
Wireless adapter adalah yang dipakai oleh komputer client
untuk menerima dan mentrasmisikan sinyal. Wireless adapter mempunyai prinsip
kerja yang hampir sama dengan sebuah access point, tetapi lebih sederhana.
Apabila dalam sebuah access point terdapat memory maupun processor maka pada
wireless adapter penggunaanya tidak sekompleks access point.
1)
Wireless untuk PC
Pada umumnya menggunakan slot PCI.
Selain wireless adapter slot PCI, untuk komputer desktop bisa kita pasang
dengan menggunakan card PCMCIA. Namun demikian, untuk memasangnya di perlukan
lagi satu holder untuk card tersebut, sehingga akan membutuhkan lebih banyak
biaya dalam operasionalnya untuk Notebook, PDA, dan lain sebagainya. Contoh
pada gambar 5.1.
Gambar 5.1:
wireless for PC
7)
VGA Card
VGA adalah komponen yang berhubungan dengan
peralatan pemroses grafis, sehingga semakin bagus VGAnya maka semakin bagus
pula kualitas gambar yang dihasilkan. Berfungsi Untuk menampilkan output
process ke monitor. Contoh gambar 5.2.
Gambar
5.2: VGA Card
8)
ALU (Arithmetic Logical Unit)
Unit aritmatika logika (ALU) adalah rangkaian digital yang melakukan aritmatika integer dan operasi logis. ALU
adalah sebuah blok bangunan fundamental
dari central processing unit komputer,
dan bahkan mikroprosesor sederhana mengandung satu untuk tujuan seperti menjaga timer. Berfungsi untuk melakukan suatu proses
data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan
statistika. Contoh gambar 5.3.
Gambar
5.3: Arithmetic Logical Unit (ALU)
9)
ROM (Read Only Memori)
ROM
adalah kelas media penyimpanan yang digunakan dalam komputer dan perangkat
elektronik lainnya. Data yang tersimpan dalam ROM hanya dapat
dimodifikasi secara perlahan atau
dengan kesulitan, sehingga hal ini terutama digunakan untuk
mendistribusikan firmware (software
yang sangat terkait
erat dengan hardware tertentu, dan
tidak perlu sering
update). Berfungsi untuk Untuk menyimpan firmware. Contoh gambar
5.4.
Gambar
5.4: ROM (Read Only Memori)
10) PCI
(Peripheral Component Interconnect)
PCI adalah bus perangkat keras yang dirancang oleh Intel dan digunakan di
kedua PC dan Mac. Kebanyakan
kartu tambahan seperti SCSI, Firewire, dan
pengendali USB, menggunakan
koneksi PCI. Beberapa kartu
grafis menggunakan PCI, tetapi kebanyakan kartu
grafis baru terhubung ke slot AGP. Slot PCI ditemukan di bagian
belakang komputer Anda dan
sekitar 3,5 "panjang dan sekitar 0,5" tinggi. Jadi sebelum Anda pergi membeli kartu ekspansi Firewire,
pastikan Anda memiliki setidaknya
satu slot PCI yang
tersedia. Berfungsi untuk untuk menangani beberapa perangkat
keras. Contoh gambar 5.5.
Gambar
5.5: PCI (Peripheral Component Interconnect)
11) Flash
Disk
Flash
Disk adalah
perangkat penyimpanan data yang meliputi memori flash terintegrasi dengan Universal Serial
Bus (USB) interface. USB flash drive biasanya
dilepas dan ditulis ulang, dan secara fisik jauh lebih kecil daripada cakram optik. Berfungsi untuk menyimpan data dengan
kapasitas terbesar 32 MB-16GB. Contoh gambar 6.0.
Gambar
6.0: Flash Disk
12) Modem
Modem
adalah perangkat yang memodulasi sinyal analog carrier untuk
mengkodekan informasi digital dan
demodulates sinyal untuk decode informasi yang ditransmisikan.
Berfungsi untuk Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan
mengubah sinyal digital menjadi analog dari kabel telepon sehingga komputer
dapat terhubung dengan internet. Bentuk modem itu sendiri hampir sama dengan
bentuk flash disk. Contoh gambar 6.1.
Gambar
6.1: Modem USB
13) Pita magnetic
Pita magnet adalah bahantara stroran sekunder
yang biasa digunakan, terutamanya untuk menyimpan data yang besar bilangannya
dalam tertib jujukan yang telah ditetapkan. Berfungsi untuk menyalin
data yang ukurannya 3 GB dari harddisk. Contoh gambar 6.2.
Gambar
6.2: Pita Magnetik
14) Zip
drive
Zip
drive adalah media-kapasitas sistem penyimpanan
removable floppy disk yang diperkenalkan oleh Iomega pada akhir 1994. Awalnya, disk Zip diluncurkan
dengan kapasitas 100 MB, tetapi kemudian
meningkat versi ini untuk pertama 250 MB dan kemudian 750 MB.
Berfungsi untuk menyimpan data. Contoh gambar 6.3.
Gambar
6.3: Zip Drive
15) Cache
Memory
Cache Memory adalah memory yang
berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara). Walaupun ukuran filenya
sangat kecil namun kecepatannya sangat tinggi. Dalam terminologi hadware,
istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani
aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki
kecepatan yang lebih rendah. Fungsi dari Cache Memory adalah sebagai tempat
menyimpan data sementara atau intruksi yang diperlukan oleh processor. Contoh
gambar 6.4.
Gambar 6.4: Cache Memory
C.
Pengertian, Jenis, Fungsi dan Gambar Output
1.
Pengertian Output
Output
adalah istilah yang menunjukkan baik keluar
atau perubahan yang keluar sistem dan yang
mengaktifkan / memodifikasi
proses. Ini adalah
sebuah konsep abstrak, digunakan dalam
pemodelan sistem desain dan
sistem eksploitasi.
2.
Jenis-jenis, Fungsi dan Gambar Output
1)
Monitor
Monitor adalah sebuah layar yang mirip seperti televisi
tapi biasa digunakan untuk komputer. Contoh gambar 6.5.
Gambar 6.5: Monitor
2)
Printer
Printer adalah sebuah perangkat yang
membuat representasi dari sebuah
dokumen elektronik pada media fisik. Printer individual
dirancang untuk mendukung pengguna lokal
dan jaringan pada
waktu yang sama. Beberapa printer dapat mencetak dokumen yang disimpan pada kartu memori atau
dari kamera digital dan scanner. Berfungsi Untuk mencetak teks atau gambar
ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Contoh gambar
6.6.
Gambar 6.6: Printer
3)
Plotter
Plotter adalah printer komputer untuk grafis vektor pencetakan. Di
masa lalu, komplotan yang
digunakan dalam aplikasi seperti desain
dibantu komputer, meskipun mereka umumnya telah diganti dengan printer format lebar konvensional. Berfungsi untuk mencetak gambar ukuran yang cukup
besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan. Contoh gambar 7.0.
Gambar
7.0: Plotter
4)
Speaker
Speaker yang saya maksud ini adalah speaker eksternal ke komputer, yang menonaktifkan
kesetiaan yang lebih rendah built-in speaker. Mereka
sering memiliki amplifier internal yang rendah daya. Sambungan audio standar adalah 3,5 mm (sekitar 1/8 inci) konektor
telepon stereo sering
kode warna hijau kapur
(mengikuti standar PC 99) untuk kartu
suara komputer. Berfungsi
Untuk memberikan informasi dalam bentuk suara. Contoh gambar 7.1.
Gambar 7.1: Speaker
5)
Proyektor
Proyektor adalah sebuah alat yang sering kita gunakanan
untuk menampilkan gambar lebih besar dari yang ada dilayar monitor. Proyektor
juga digunakan di bioskop. Berfungsi untuk menampilkan bayangan sebuah
gambar positif yang dapat ditembus cahaya. Contoh gambar 7.2.
Gambar 7.2: Proyektor
0 comments:
Post a Comment